Bagi Anda yang baru tiba di Jakarta dan berniat menyewa apartemen untuk tempat tinggal, sebelum menentukan apartemen mana yang akan Anda sewa, ada beberapa hal harus Anda perhatikan dulu. Guna hal ini adalah agar Anda mendapatkan hunian apartemen yang sesuai dengan keinginan. Apa saja hal yang perlu diperhatikan itu?

 

  1. Tentukan Anggaran yang Realistis

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mau menyewa apartemen adalah menentukan anggarannya secara realistis. Perkiraan besaran anggaran yang harus dikeluarkan untuk hunian sewa ini adalah 30 persen per tahunnya dari gaji Anda. Namun, bila gaji yang diterima lebih kecil, artinya Anda harus menganggarkan berlebih namun tetap pertimbangkan kebutuhan lain.

Sebagai contoh, harga sewa per tahun di apartemen Green Pramuka tidak sampai 40 juta rupiah. Itu artinya, setidaknya Anda harus memiliki gaji sekitar 120 juta rupiah per tahun atau sekitar 10 juta rupiah per bulan. Memang terdengar masih cukup besar, namun Anda tetap bisa menekan biaya tersebut dengan menyewa satu apartemen berdua dengan teman, misalnya.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menyewa apartemen bersama, sebaiknya Anda dan rekan membuat peraturan lebih dulu. Selain membuat peraturan membayar uang sewa apartemen bersama, Anda juga harus membagi tugas yang lain seperti tugas bersih-bersih, membayar tagihan bulanan dan masih banyak lagi.

  1. Anggarkan Biaya Tambahan

Selain memganggarkan biaya sewa, Anda dan rekan harusnya juga menganggarkan biaya lain untuk berjaga-jaga. Biaya tambahan yang pastinya perlu Anda bayar adalah tagihan listrik, air, dan IPL yang memang dikenakan untuk setiap penghuni unit apartemen. Besaran biaya tambahan ini berbeda-beda untuk tiap orang. Tergantung pemakaian dan kebijakan pengembang apartemen.

  1. Lihat Lingkungannya

Setelah Anda menganggarkan dana yang cukup, lihat seperti apa lingkungan apartemen yang akan Anda sewa. Apakah lingkungannya mendukung Anda atau tidak semisal dekat dengan tempat kerja, sekolah atau kampus. Selain itu, lihat juga seperti apa akses transportasi di sana. Apakah tersedia akses transportasi umum atau tidak serta apakah macet dan tidak.

Selain melihat lingkungannya, Anda juga perlu melihat apakah di sana memiliki fasilitas yang lengkap yang bisa mendukung Anda. Sebagai contoh, apartemen Green Pramuka. Apartemen ini memiliki banyak fasilitas pendukung seperti kolam renang, gym center, fitness center, jogging track dan masih banyak lagi untuk buat hidup Anda lebih berkualitas.

  1. Lihat Kondisi Apartemen

Selanjutnya, lihat seperti apa kondisi apartemen yang akan disewa. Apakah apartemen tersebut masih baru atau tidak atau menyediakan furnitur atau tidak. Kalau tidak menyediakan furnitur, biasanya harga sewa apartemen tersebut murah. Namun agak merugikan bagi Anda bila tinggal di sana dalam waktu singkat. Sebab, furnitur yang dimiliki akan susah dibawa ke mana-mana.

Beda halnya dengan memiliki apartemen dengan full compact furnishedseperti Green Pramuka City. Semua furnitur dalam apartemen seperti sofa, TV, AC, tempat tidur, kicthen set dan masih banyak lagi sudah disediakan. Jadi, ketika Anda hanya butuh tinggal di sana dalam waktu singkat, tak usah bingung untuk membawa furnitur lagi. Toh, itukan kepunyaan apartemen!

Jadi, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menyewa apartemen. Jika sudah deal, sebaiknya mintalah surat perjanjian sewa antara Anda dan pihak pengembang. Gunanya tentu saja untuk mencegah berbagai hal tak diinginkan ke depannya. Dengan surat perjanjian ini, baik Anda ataupun pihak pengembang apartemen tidak akan dirugikan pada akhirnya.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.