Setelah sejumlah tahun mencarter apartemen, kita akhirnya hendak berhenti menyisihkan uang guna sewa bulanan, dan menyimpulkan untuk melakukan pembelian apartemen. Bila kita akan melakukan pembelian apartemen guna kesatu kali, maka ada sejumlah hal yang butuh Anda pertimbangkan sebelum mengerjakan transaksi jual-beli. Berikut ini daftarnya, dengan destinasi sebelum melakukan pembelian apartemen Anda dapat menghindari kejutan yang tidak menyenangkan:

Sebelum mencari apartemen

  • Putuskan dimana lokasi Anda akan melakukan pembelian apartemen. Langkah ini menciptakan Anda perlu menguras waktu di area itu atau paling tidak mengerjakan sedikit penelitian di rumah.
  • Sebelum melakukan pembelian apartemen, kerjakan riset pasar guna meyakinkan kita mendapat nilai dari dana yang Anda keluarkan. Anda dapat periksa tingkat penjualan teranyar di lokasi tersebut. Jangan melulu mengandalkan saran dari developer atau agen properti. Anda butuh tahu nilai apartemen yang kita bayar.
  • Kunjungi tempat sejumlah mungkin saat mencari apartemen yang cocok kriteria, supaya Anda punya cerminan seperti apa apartemen yang dapat Anda beli sebanyak uang yang kita punya.

Setelah mencari apartemen

  • Pastikan apartemen yang kita minati dekat dengan kemudahan yang kita butuhkan, contohnya pertokoan, transportasi publik, taman, lokasi tinggal sakit, sekolah, perkantoran, pusat kebugaran, dan sebagainya.
  • Ketika memilih bermukim di apartemen pertimbangkan apakah bangunan apartemen dekat dengan kafe atau lokasi acara konser musik. Bagaimana tingkat kebisingan kemudian lintasnya? Apakah akan paling berisik pada jam sibuk? Apakah suara bising ini bakal mengganggu kegiatan Anda? Ada baiknya kita melakukan trafik ke apartemen di malam hari atau ketika jam sibuk kemudian lintas sebelum Anda menyimpulkan untuk membelinya. Jangan sampai tempat apartemen Anda berdampingan dengan lokasi bising 24 jam sampai-sampai mengganggu tidur dan kegiatan Anda.
  • Berapa umur gedung apartemen? Anda butuh pertimbangkan umur bangunan. Apakah ada kemudahan yang memerlukan perbaikan atau penggantian? Anda pun perlu mengecek struktur apartemen. Periksa masalah kecil laksana kualitas insulasi suara, serta kualitas bangunan secara keseluruhan.
  • Bagaimana sistem ketenteraman di apartemen? Apakah siapa saja dapat masuk ke gedung apartemen? Apakah terdapat personil ketenteraman atau kamera pengawas?
  • Apakah ada balkon di unit Anda, supaya Anda dapat menikmati keadaan di pagi atau senja hari? Atau apakah unit yang bakal Anda beli terhalang oleh bangunan beda atau menghadap ke arah yang salah?
  • Bagaimana dengan ongkos maintenance? Banyak orang tidak memikirkan aspek ini saat membeli apartemen baru. Biaya maintenance seringkali mencakup ongkos air, listrik, ongkos perbaikan, ongkos kebersihan, dan keamanan. Cari tahu berapa besar ongkos maintenance apartemen yang bakal Anda beli. Apakah dibulatkan dengan ongkos parkir?
  • Bila kita mempunyai kendaraan roda empat, maka ini jadi pertanyaan yang butuh Anda ajukan. Apakah terdapat area parkir mobil dan Anda mesti membayarnya?
  • Apakah unit yang kita minati mempunyai jumlah ruang yang sesuai keperluan Anda? Jumlah kamar istirahat dan kamar mandi sudah tentu penting. Anda pun perlu ekstra ruang bila mempunyai anak atau ruang kerja bila Anda bekerja dari rumah.
  • Apakah terdapat proyek pembangunan yang sedang dilangsungkan di dekat apartemen yang memprovokasi nilai unit yang kita beli? Mengelilingi jalan di dekat apartemen akan menolong Anda tahu apakah terdapat pengerjaan proyek yang sedang dilakukan.

Seperti saat membeli properti lain, pastikan Anda mengoleksi hal detail mengenai apartemen, cari saran independen sebelum mengerjakan penawaran.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.